Fire Suppression System2018-09-05T22:48:34+07:00

Kami menyediakan jasa one-stop service di bidang Fire Suppression System (Sistem Pemadam Kebakaran Otomatis) mulai dari konsultasi, planning, instalasi, traning sampai dengan maintenance untuk :

  • Dapur (kitchen fire suppression system)
  • Restoran
  • Hotel
  • Perkantoran
  • Perumahan
  • Kendaraan Besar
  • Ruang Server (Server Room Fire Suppression System)
  • Panel Listrik
  • dll
Fire Suppression Systems

Fire Suppression Systems

FM200 Fire Suppression System menjadi salah satu sistem proteksi kebakaran otomatis yang sangat efektif. media FM200 akan mencegah kontak antara 3 unsur pembentuk api yakni bahan bakar, suhu panas, serta oksigen. sistem ini banyak digunakan untuk proteksi peralatan elektronik seperti server, datacenter, panel listrik, peralatan medis rumah sakit dan lainnya. dengan menggunakan media ramah lingkungan, tidak merusak lapisan ozon, system ini menjadi pilihan utama dalam proteksi kebakaran di setiap industri.

FM200 fire suppression system

FM200 fire suppression system

Cara Kerja FM200 Suppression System

tidak dipungkiri FM200 suppression system memang sangat dominan dalam memadamkan api dalam ruang yang tertutup. melalui detektor kebakaran seperti asap, panas, api dan lainnya, system dapat bekerja secara otomatis. perintah ini dilakukan oleh panel yang mendapat inputan dari detektor. saat detektor kebaran mendeteksi adanya hal yang tidak wajar, system mulai bekerja. Media pemadam yang berada pada silinder tabung FM200 akan mengeluarkan media yang akan memadamkan api dengan cepat. hal ini tentunya akan membawa dampak baik karena aset yang dimiliki dapat diselamatkan.

FM200 Suppression System dapat disambungkan dengan Precission Air Contitioning. sehingga jika suatu saat terjadi potensi kebakaran system dapat bekerja secara otomatis. FM200 Suppression System termasuk Clean Agent dan telah lulus standarisasi NFPA 2001. tidak meninggalkan residu apapun, aman bagi peralatan elektronik. kelebihan lain dari FM200 Suppression System adalah tidak memiliki bau dan aman bagi manusia serta lingkungan sekitar (7%> NOAEL> LOAEL)

Pengunaan FM200 Suppression System sebagai pengganti Halon yang saat ini sudah dilarang berbeda dengan CO2 system. Prinsip kerja CO2 system mengurangi kadar Oksigen di udara sehingga proses pembakaran tidak dapat berlangsung kembali. sedangkan pada FM200 Suppression System medianya memutus rantai reaksi. CO2 sering digunakan untuk area yang tidak banyak manusia (unoccupaid area), karena media CO2 akan mendorong kadar oksigen sehingga ditakutkan manusia akan kesulitan bernafas jika berada di area tersebut. sedangkan FM200 bisa diintegrasikan dengan manual release dan cancel system. sehingga jika terjadi false alarm system dapat dimatikan agar media tidak terbuang secara sia-sia.

CO2 Fire Suppression System merupakan proteksi kebakaran yang menggunakan media CO2 dengan tingkat keefektifan sangat tinggi. sifat dari CO2 yang tidak berbau, tidak memiliki warna, tidak konduktor terhadap listrik, dan banyak terdapat di atmosfir bumi menjadikan media ini banyak digunakan sebagai media pemadam api. kompresi tinggi pada silinder tabung akan cepat mendorong oksigen sampai batas minimal sehingga api tidak dapat menyala kembali. CO2 Fire Suppression System menggunakan sebuah panel sebagai pusat pengolah informasi dari detektor. panel ini akan menginstruksikan eksekusi secara langsung jika terjadi kebakaran pada area yang diproteksi. ekspansi CO2 sebagai media pemadam akan merata ke seluruh sudut ruangan sehingga api akan padam secara sempurna dan cepat.

Co2 Fire Suppression System

Co2 Fire Suppression System

Massa dari CO2 lebih berat dari pada Oksigen, pada prosesnya ketika terjadi kebakaran api memerlukan oksigen untuk dapat terus menyala. CO2 Fire Suppression System akan menyelimuti ruangan dengan cepat dan sempurna sehingga oksigen terdesak sampai batas minimal dan mematikan api. CO2 Fire Suppression System tidak meninggalkan residu apapun, berbeda seperti system yang lain seperti foam system dan water system. CO2 Fire Suppression System sangat aman untuk perlengkapan elektronik sehingga banyak di aplikasikan untuk proteksi kebakaran ruang seperti genset, server komputer, ruang medis, dan lainnya. maka dari itu kemungkinan pemulihan sesaat setelah kebakaran terjadi dapat segera dilakukan, karena peralatan elektronik di area tersebut masih dapat berfungsi dengan baik.

Sejarah CO2 digunakan sebagai media pemadam api berawal dari Perusahaan Bell Telephone Company of Pennsylvania pada tahun 1914 yang menggunakan CO2 portable untuk dipasang pada kantornya. pada perkembangan selanjutnya, tahun 1920 dibuat system otomatis menggunakan CO2 untuk proteksi kebakaran untuk pertama kalinya. akhirnya standarisasi system ini pada tahun 1928 dipatenkan oleh NFPA (National Fire Protection Association). standar tersebut telah diikuti banyak negara karena merupakan dasar dari penggunaan CO2 Fire Suppression System sebagai system untuk pencegahan kebakaran. penggunaan CO2 Fire Suppression System tidak hanya untuk melindungi satu kelas saja. Kebakaran padat, cair, listrik sangat mudah ditangani oleh CO2 Fire Suppression System. hal ini tentunya menjadi nilai tambah sehingga CO2 Fire Suppression System banyak digunakan saat ini.

Dewasa ini NFPA memiliki 2 standar untuk CO2 Fire Suppression System. yang pertama adalah High Pressure CO2 systems sedangkan tipe kedua adalah low pressure CO2 System. beda dari kedua CO2 Fire Suppression System ini terletak di metode penyimpanan media CO2. High Pressure CO2 systems menggunakan tabung penyimpanan baja yang disimpan di suhu kamar dengan tekanan mencapai 850 PSI. sedangkan Low Pressure CO2 memiliki tekanan kerja yang lebih rendah yaitu maksimal di angka 350 PSI.

Inergen Fire Suppression System atau Sistem Pemadam Kebakaran Inergen adalah sistem pemadam kebakaran yang menggunakan campuran gas alami; Nitrogen, Argon, & sejumlah kecil karbon dioksida. Inergen terdiri dari semua gas ini dengan campuran yang terdiri dari Argon 50%, Nitrogen 42% dan CO2 8%.

Inergen FIre Suppression System

Inergen FIre Suppression System

Keunggulan INERGEN Fire Suppression System

INERGEN Fire Suppression System adalah sistem pemadam kebakaran yang sangat efektif untuk memadamkan api & mencegah pengapian ulang tanpa risiko pada orang atau kerusakan peralatan jika direkayasa dan dipasang oleh perusahaan instalasi sistem pemadam kebakaran yang berkualifikasi.
Pemadaman api INERGEN juga tidak berdampak buruk pada lapisan ozon karena seluruhnya terdiri dari gas alami. Sistem pemadaman kebakaran INERGEN juga memiliki potensi pemanasan global yang nol, dan tidak ada masa pakai atmosfer Sistem INERGEN disertifikasi sebagai sistem penindasan api yang aman dan bersih untuk ruang yang diduduki Dievaluasi secara medis oleh otoritas terkemuka di seluruh dunia, campuran gas INERT mempertahankan kadar oksigen darah normal, sehingga detak jantung dan kinerja mental tetap optimal untuk memastikan pelarian yang aman selama atau setelah dikeluarkannya sistem pemadaman kebakaran.
Tidak seperti banyak sistem penindasan lain yang perlu ditempatkan dekat dengan kawasan lindung, INERGEN dapat disimpan lebih jauh lagi, & karena strukturnya organik, tidak tergantung pada waktu penggunaan batasan yang membatasi.
Pemadaman kebakaran INERGEN disimpan & dibuang sebagai gas, ketika sistem pemadaman kebakaran melepaskan gas INERGEN, jelas, memastikan pintu keluar yang aman & tidak jelas.

INERGEN Fire Suppression System cocok digunakan di:

  • Laboratorium
  • Ruang telekomunikasi (Call Center Room)
  • Ruang komputer & server (Server Room)
  • Ruang kontrol (Control Room)
  • Ruang Arsip